5 Spesies Serangga yang Sangat Menguntungkan

5 Spesies Serangga yang Sangat Menguntungkan

5 Spesies Serangga yang Sangat Menguntungkan – Lebih dari 85 % penduduk dunia tidak menyukai keberadaan serangga. Apa alasannya? Karena hewan tersebut dinilai selalu mengganggu kehidupan manusia dan juga berbagai macam jenis tanaman. Bahkan mereka sama sekali tidak menginginkan kehadirannya walau memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil.

Dragonflydream – Di balik semua itu, tentu serangga mampu memberikan manfaat yang amat besar bagi manusia dan juga alam semesta. Akan tetapi banyak orang yang masih belum mengetahuinya hingga detik ini. Sehingga anggapan mereka selalu berkonotasi negatif terhadap hewan tersebut. Namun kali ini kami akan berbagi informasi tentang 5 spesies serangga yang sangat menguntungkan, di antaranya;

1. Kumbang Tanah
Spesies serangga yang pertama yaitu Kumbang Tanah. Hewan ini nyaris tidak kasat mata walau dilihat pada siang hari. Sebab warna badannya menyerupai tanah lantaran keberadaannya di sekitar sawah dan ladang. Walau begitu, hewan tersebut selalu terjaga di malam hari dan memiliki aktivitas sebagai predator buas bagi hama seperti belatung kubis, ulat, siput hingga keong. Uniknya, seekor Kumbang Tanah mampu melahap sekitar 50 jenis ulat. Keberadaannya sangat menguntungkan bagi kalangan petani.

2 .Kepik
Kepik merupakan jenis serangga yang terlihat lucu dan menarik. Memiliki nama latin ladybird, hal itu menjadikannya sebagai pengusir paling ampuh bagi sejumlah serangga lain yang sangat berbahaya. Biasanya kepik selalu ada di taman dan kebun. Aksinya pun sering mengunyah habis jenis hama serupa lalat putih dan kutu daun. Menurut catatan dari sumber terpercaya, Kepik mampu bertahan hidup jika mampu memakan lebih dari 5 ribu kutu daun.

Lacewing

3. Lacewing
Lacewing sering dikenal luas sebagai Serangga Sayap. Walau hewan tersebut terlihat kurang agresif dan tidak tangguh, namun spesies yang satu ini bisa membunuh jenis hama mematikan mulai dari lalat putih, tungau, ulat kecil, kutu putih hingga kutu daun. Akan tetapi telur Lacewing sangat rentan dari serangan semut. Apabila spesies tersebut telah berkembang biak, sebaiknya taburkan obat pengusir semut seperti Kapur Ajaib, oli bekas dan lain sebagainya.

Lebah

4. Lebah
Lebah merupakan jenis serangga yang sangat memberikan manfaat yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi dunia. Bagaimana tidak? Amerika Serikat saja telah mencatat bahwa spesies tersebut sering menghasilkan sekitar 20 Miliar Dollar atau setara Rp 30 Triliun lantaran serbuk yang dimilikinya mampu menjaga kelembaban sejumlah tanaman. Di sisi lain, hewan tersebut juga selalu memproduksi madu yang berguna bagi kesehatan tubuh dengan harga jual yang cukup mahal.

Capung

5. Capung
Tak jauh beda dengan Kepik, Capung juga memiliki keindahan tersendiri pada saat dipandang mata. Walau hewan tersebut tidak memiliki keahlian saat terbang, namun Capung sangat piawai dalam memangsa jenis serangga yang bisa terbang serupa lalat buah, lalat putih, ngengat, lalat hingga nyamuk. Bagi sejumlah orang, mereka menilai bahwa Capung terlihat sangat merugikan. Namun hal tersebut sama sekali tidak benar. Berdasarkan laporan terpercaya, hewan tersebut sangat berarti besar bagi keindahan lingkungan. Jika dilestarikan, maka sejumlah taman di berbagai daerah akan terlihat lebih indah.

Baca juga : Pentingnya Penelitian Jenis Serangga Untuk Kehidupan Sehari – Hari

Pada umumnya, banyak jenis serangga yang memiliki ciri – ciri berbeda antara satu dengan yang lainnya. Akan tetapi tidak semua serangga berbahaya bagi aktivitas manusia dan lingkungan sekitar. Dengan mengetahui kelima spesies serangga di atas, bukan tidak mungkin bila manusia akan selalu menjaga hewan tersebut untuk kepentingan pribadi dan umum.