Hal Mendasar yang Berkaitan dengan Mail Art, Artistamps dan Rubber Stamping

Hal Mendasar yang Berkaitan dengan Mail Art, Artistamps dan Rubber Stamping

Hal Mendasar yang Berkaitan dengan Mail Art, Artistamps dan Rubber Stamping – Istilah asing merupakan kosa kata yang jarang didengar dan tidak akan diketahui selama kita belum memahami makna dari istilah asing tersebut. Keberadaan istilah asing saat ini memiliki jumlah yang besar dan banyak digunakan untuk percakapan sehari-hari. Mail art, rubber stamping dan artistamps sendiri merupakan beberapa istilah asing yang belum banyak dikenal oleh masyarakat dan hanya beberapa pihak saja yang mengetahui istilah-istilah tersebut. Jika kita ingin mengenal tiga istilah asing ini, mengetahui hal mendasar akan istilah asing merupakan suatu keseharusan. Mail art memiliki arti seni surat dan tentunya memiliki hubungan yang erat dengan surat menyurat. Mail art juga dikenal sebagai seni korespondensi atau seni pos. Jika kita mengartikannya dengan lebih jelas, mail art adalah sebuah gerakan artistik yang terfokus pada pengiriman sebuah karya melalui jasa layanan pos. Seni pos ini dikenal pertama kalinya pada tahun 1950 dan mengalami perkembangan hingga saat ini.

Media dalam membuat dan menciptakan mail art berupa kartu pos, kolase gambar, kertas, perangko karet dan perangko yang diciptakan oleh seniman perangko. Perangko buatan seniman yang dibuat dengan memanfaatkan benda daur ulang dikenal dengan sebutan artistamps. Artistamps merupakan cat artis yang mengacu pada sebuah karya seni guna menggambarkan subjek yang dikehendaki oleh pembuatnya. Pembuat artistamps biasanya menggunakan karyanya sendiri sebagai perangko sah yang valid. Pembuat artistamps akan melakukan sedikit perubahan pada sebuah perangko guna menunjukkan karya seni pada artistamps buatannya. Untuk beberapa negara bagian di dunia, tindakan tersebut dianggap merupakan tindakan ilegal dan tidak seharusnya dilakukan. Artistamps lebih dianggap sebagai seni surat yang layak dihargai daripada perangko sah yang digunakan untuk kepentingan umum. Pada saat kita memperhatikan penampilan dari artistamps, kita dapat melihat ada jejak sindiran, ironi dan humor pada tampilan artistamps. Pembuat artistamps memanfaatkan keahlian mereka untuk mengejutkan dan mendorong harapan bagi orang-orang yang melihat artistamps.

Sama halnya dengan artistamps dan mail art, rubber stamping merupakan istilah lainnya yang berkaitan dengan surat menyurat. Rubber stamping sendiri lebih dikenal dengan nama stempel di kehidupan kita. Di dalam pembuatan subber stamping, kita harus membuat sebuah pola terlebih dahulu pada selembar karet. Untuk penggunaan rubber stamping, sendiri, kita membutuhkan tinta sebagai pewarna pada hasil stamping yang diciptakan oleh rubber stamping. Harga rubber stamping yang terbuat dari bahan karet memiliki harga yang jauh lebih urah jika kita bandingkan dengan stempel yang terbuat dari bahan kayu. Rubber stamping yang dijual di pasaran saat ini disediakan secara komersil untuk tiga jenis kepentingan, rubber stamping untuk keperluan kantor, dekorasi dan mainan yang diperuntukan bagi anak-anak.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
YouTube
Pinterest
Instagram