Inilah Seluk Beluk Tentang Serangga Yang Perlu Diketahui

Inilah Seluk Beluk Tentang Serangga Yang Perlu Diketahui

Inilah Seluk Beluk Tentang Serangga Yang Perlu Diketahui – Siapa, sih yang tidak tahu serangga? Serangga atau jika dalam bahasa latin dinamakan Insectum yang merupakan sebuah kata dari Bahasa Yunani. Serangga ini merupakan salah satu binatang yang berasal dari kelas avertebrata pada filum arthropoda.

Uniknya serangga ini memiliki exokeleton yang memiliki bentuk kitin. Bahkan pada bagian tubuhnya saja terdiri dari beberapa bagian mulai dari kepala, thorax, hingga abdomen. Selain itu, dari kepala menuju bagian thorax ini memiliki tiga pasang kaki yang terhubung ke sana.

Selain itu, ada juga mata majemuk hingga antena yang terpasang di bagian atas kepala serangga. Serangga ini termasuk salah satu hewan yang terkenal karena memiliki variasi yang beragam. Bahkan jika diperkirakan memiliki jumlah sekitar satu juta spesies.

Serangga ini dipercaya memiliki kelompok hewan yang beragam bahkan kehidupan hewan ini pun berbeda – beda. Sebab para serangga ini tidak tinggal di tempat yang sama tetapi mudah anda temukan dimana – mana.

Mulai dari lautan hingga daratan menjadi salah satu tempat yang paling tepat. Pada dasarnya serangga ini tergolong ke dalam kelas insekta yang akan terbagi menjadi 29 ordo. Sebut saja seperti Diptera yaitu Lalat, Coleoptera yaitu kumbang, Hymenoptera seperti semut, lebah hingga tabuhan.

Lalu ada Lepidoptera seperti kupu – kupu dan ngengat. Sedangkan kelompok Apterigota ini akan dibagikan menjadi 4 ordo karena rata – rata serangganya tidak memiliki sayap sama sekali. Dan hanya 25 ordo lainnya saja yang menggunakan sayap.

Serangga memang memiliki ukuran yang berbeda – beda ada yang kecil, sedang hingga besar. Untuk sistem peredaran darah yang dialami serangga adalah sistem peredaran darah secara terbuka. Rata – rata serangga ini bertelur atau ovipar.

Untuk habitat dari serangga sendiri beragam tergantung kepada setiap jenis serangganya. Sebab ada beberapa serangga yang bisa hidup di air dan ada pula serangga yang hidup di darat. Kemunculan serangga ini dimulai sejak 300 juta tahun yang lalu pada masa periode Carboniferous.

Lalu pada 270 tahun yang lalu di periode Permian terdapat berbagai kelompok serangga yang memiliki bentuk seperti saat ini. Sejak saat itu, ada banyak sekali fosil serangga yang bisa anda temukan di sana. Rata – rata memiliki umur yang sudah sekitar puluhan juta tahun yang lalu dan tidak berbeda dengan serangga pada zaman sekarang.

Contohnya saja seperti serangga yang berusia 25 juta tahun lalu berada di Dominika yang berada di pohon getah pinus. Selain itu, ada pula serangga yang sudah memiliki sayap dan bisa anda temukan sejak lama.
Sayap itu bisa muncul karena ada evolusi yang dialami oleh serangga karena terjadinya perluasan kutiula yang bisa membantu binatang menyerap panas di dalam tubuh. Sejak saat itu, sayap baru bisa digunakan sebagai salah satu organ serangga dalam yang bisa digunakan untuk terbang.

Inilah Seluk Beluk Tentang Serangga Yang Perlu Diketahui

Selain itu, serangga terkenal memiliki keberagaman hingga kelimpahan yang tinggi. Ternyata hal ini dikarenakan serangga memiliki kemampuan reproduksi yang tinggi. Sehingga hasil reproduksi yang dihasilkan pun akan jauh lebih besar.

Dengan penjelasan di atas tentu anda akan lebih mengenal apa itu serangga. Pada dasarnya serangga ini merupakan salah satu hewan yang sering anda temukan di berbagai tempat. Bagaimana? Sudah paham dengan berbagai penjelasannya? Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.