Jenis-Jenis Serangga dan Penelitian Manfaatnya

Jenis-Jenis Serangga dan Penelitian Manfaatnya

Jenis-Jenis Serangga dan Penelitian Manfaatnya – Ekosistem tidak bisa terlepas dari adanya hewan yang menjadi objek di dalamnya. Salah satu yang memiliki banyak kehadiran adalah serangga yang memiliki peran penting sampai dengan menjadi hama. Terdapat beberapa jenis serangga yang dapat diketahui untuk menambah wawasan.

Serangga menjadi hewan yang juga memiliki manfaat tersendiri dan bisa dilihat dari jenis serangganya. Jadi bisa saja satu serangga berbeda dengan serangga lainnya.

Jenis-Jenis Serangga

Dragonflydream – Jenis-jenis serangga di bawah ini mungkin sudah ditemukan pada beberapa tempat. Oleh sebab itu, Anda bisa mengenalnya lebih baik lagi dengan membaca ulasan di bawah ini, yaitu:

1. Ladybug
Jenis serangga pertama adalah Ladybug yang memiliki warna dan bentuk imut yang menggemaskan. Pada penjelasannya, Makanan dari serangga imut ini adalah serangga yang kerap mengganggu tanaman lainnya sehingga Ladybug dijuluki sebagai binatang predator.

Contohnya saja serangga yang menjadi makanannya adalah lalat putih, kutu daun, maupun serangga yang merusak tanaman pada halaman rumah. Sangat banyak serangga yang mampu dimakan selama hidup Ladybug sampai dengan ribuan serangga. Nama lain dari Lady Bug adalah kepik dengan bau menyengat dan fungsinya untuk mengusir serangga lain di taman bunga.

Kepik Pembajak

2. Kepik Pembajak
Kepik Pembajak juga merupakan serangga baik yang tidak akan mengganggu tanaman bahkan bisa membuat serangga lain yang mengganggu tanaman menghindari. Hama tersebut dimakan oleh Kepik Pembajak karena makanannya adalah telur dari hama yang mengganggu tanaman.

Jangan heran jika kepik pembajak ini berada taman saat memasuki musim kemarau. Perannya sangat penting untuk menghindarkan tanaman dari hama yang kerap menggangu.

3. Lebah Madu
Serangga penting terhadap kehidupan termasuk manusia dan tanaman yaitu lebah madu yang dapat membuahkan hasil pada tanaman. Bahkan lebih dari 79% bahwa tanaman yang dimakan oleh manusia ini hasil pembuahannya.  Menurut data, di Amerika Serikat, lebah menyumbang sekitar Rp. 28,8 triliun lebih pada produksi tanaman yang dihasilkan.

Peran dari Lebah Madu ini adalah ikut serta menyebarkan serbuk sari ke putik dari tanaman satu ke tanaman yang lainnya. Tak hanya itu, lebah madu ini juga memiliki madu yang bisa dikonsumsi dan menghasilkan banyak manfaat bagi manusia.

Kupu-Kupu

4. Kupu-Kupu
Siapa bilang binatang satu ini bukan serangga? Ya, Kupu-Kupu adalah salah satu serangga yang sangat cantik karena memiliki sayap indah. Fungsi dari hewan ini adalah membantu dalam jatuhnya serbuk sari ke putik bunga yang ada di taman maupun halaman rumah.

Proses penyerbukan ini membantu tanaman berkembangbiak untuk menghasilkan buah maupun bunga lainnya. Kelebihan yang dimiliki Kupu-Kupu dibandingkan dengan serangga lain adalah skala terbang kupu-kupu sangat luas dan sangat jauh.

Kumbang Tentara

5. Kumbang Tentara
Sebagian orang mungkin masih asing dengan jenis kumbang ini yaitu Kumbang Tentara. Kumbang ini jarang dilihat manusia karena habitat dari kumbang tentara berada di dalam tanaman pohon seperti kayu.

Menariknya, peran dari Kumbang Tentara ini adalah untuk menjaga bunga dan tanaman sehingga disebut sebagai predator. Jika ingin melihatnya maka pastikan serangga Kumbang Tentara ini memiliki warna kecoklatan dan tersamarkan jika berada di pepohonan.

Kumbang Tanah

6. Kumbang Tanah
Seperti namanya, serangga jenis Kumbang Tanah ini memiliki peran penting di daratan. Disebut juga sebagai serangga predator dan nokturnal karena bisa memakan hama kebun seperti keong, ulat, siput, maupun belatung kubis.

Kumbang ini mampu membuat tanah yang ada di sekitarnya menjadi sehat. Dan menariknya, larva kumbang ini dengan jumlah satu saja dapat memakan ulat yang jumlahnya mencapai 50 bahkan lebih sehingga disebut sebagai predator.

Laba-Laba

7. Laba-Laba
Pasti sudah tak asing dengan serangga ini, Laba-Laba. Memang jika dilihat dan diamati dengan cermat akan terlihat menakutkan. Mereka memiliki jaringnya kerap mengganggu pemandangan. Meskipun begitu, ternyata Laba-Laba bisa sangat bermanfaat untuk kebun Anda.

Fungsi dari Laba-Laba ini bisa memakan serangga lainnya yang mengganggu seperti nyamuk atau kecoa yang bisa saja tersangkut pada jaring-jaring mereka.

Menurut Martin Nyfeler seorang ahli Biologi dari Universitas di Swiss menyebutkan musuh alami serangga lainnya seperti burung dan semut adalah Laba-Laba karena mereka adalah makanannya. Laba-Laba bisa memakan serangga dengan jumlah 800 juta ton

Belalang Sembah

8. Belalang Sembah
Apakah Anda pernah menemukan belalang yang berwarna hijau cerah di halaman rumah atau kebun? Jangan terburu-buru untuk membunuhnya karena belalang ini akan memakan serangga pengganggu tanaman loh.

Pada Homeguides SFGate, menjelaskan bahwa orang terkadang melepaskan secara sengaja serangga jenis Belalang Sembah ini agar melawan serangga lain yang mengganggu tanaman.

Lacewings

9. Lacewings
Lacewings atau yang disebut juga dengan singa kutu mungkin jarang diketahui. Tubuh dari serangga jenis ini berwarna hijau dan sayapnya transparan. Dilihat dari fisiknya saja sudah terlihat jelas bahwa serangga ini mampu menjadi predator bagi serangga lainnya.

Makanan dari Lacewings ini adalah kutu daun, ulat kecil, kutu putih, juga lalat putih. Predator Lacewings ini menjadi pemangsa yang sangat agresif namun tetap takut terhadap semut karena telur dari Lacewings kerap menjadi makanan semut.

Tawon

10. Tawon
Sangat umum dikenal banyak orang karena berbahaya jika tersengat. Namun, ternyata memiliki banyak manfaat seperti perannya pada ekologi sehingga membasmi hama pengganggu. Selain itu, tawon banyak membantu dalam penyerbukan sehingga menstabilkan kualitas ekosistem.

Beberapa jenis-jenis serangga yang sudah dilakukan penelitian lebih lanjut di atas memang memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, Anda harus waspada karena beberapa jenis serangga kerap berbahaya bagi manusia seperti menggigit, menyengat, atau bisa masuk ke lubang tubuh.